Cara Mudah Membuka Tabungan Pendidikan Secara Online

Cara Membuka Tabungan Pendidikan Secara Online

Sebelum memasuki ajaran tahun baru, saya sudah harus mempersiapkan dana untuk biaya sekolah. Apalagi si sulung sudah mau masuk SMP di tahun 2022 nanti. Sementara si bungsu akan masuk SD di tahun yang sama. Semuanya pasti butuh biaya yang tidak sedikit.

Sebagai seorang freelancer, penghasilan saya tidak menentu. Maka dari itu, saya harus rajin menabung. Namun saya pikir menabung saja tidak cukup. Apalagi saya pakai m-banking untuk kedua rekening saya. Biasanya kalau punya m-banking godaannya untuk beli ini beli itu, sangat besar lho.

Saya khawatir uang saya lama kelamaan akan habis terpakai. Maka dari itu, setelah melalui perundingan meja kotak antara saya dan istri, kami memutuskan untuk membuka tabungan pendidikan. 

Tabungan pendidikan jadi solusi terakhir bagi saya untuk mengumpulkan uang biaya sekolah.

Biasanya untuk mengurus pembukaan rekening baru wajib datang ke bank. Banyak banget pertimbangan ketika mau datang ke bank, selain harus ngantri, jumlah nasabah biasanya dibatasi saat pandemi. 

Kalau mau dapat antrian awal, ya harus datang pagi-pagi sekali. Ah rasanya tidak enak diburu waktu. Saya harus cari cara lain untuk punya tabungan pendidikan.

Membuat Tabungan Pendidikan Secara Online

Sekarang zamannya serba digital guys, banyak hal bisa dilakukan secara online, termasuk membuka rekening baru.

Kebetulan banget, saya punya aplikasi blu by BCA Digital. Aplikasi ini biasa saya gunakan untuk menabung. Ada satu fitur yang bisa saya gunakan untuk membuka tabungan pendidikan, namanya fitur bluSaving

Asyiknya Kita bisa menentukan sendiri berapa jumlah tabungan yang ingin dicapai. Misalnya 1 juta, 2 juta dan seterusnya. 

Selain itu juga bisa menentukan sampai kapan kita akan menabung. Misalnya kita akan menabung sebesar 2 juta dalam waktu 3 bulan, 4 bulan, 1 tahun dan seterusnya.

Apa Itu blu Digital?

FYI, blu merupakan produk mobile banking yang dikeluarkan oleh BCA Digital, sehingga akan memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi finansial maupun non-finansial melalui ponsel.

Tabungan Digital dari BCA

Kita bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja melalui ponsel. blu BCA ini tidak punya kantor cabang ya guys, seperti bank lain pada umumnya. Semua layanannya melalui ponsel saja.

Kalau kita mau membuka rekening baru di blu, persyaratannya mudah sekali dan prosesnya juga cepat. Semuanya dilakukan secara online. Siapapun bisa membuka rekening di blu, tanpa harus menjadi nasabah BCA terlebih dulu.

Semua orang dengan minimal usia 17 tahun dan punya e-KTP dan tidak punya kewajiban perpajakan di negara lain bisa menikmati layanan ini.

Cara Membuka Tabungan Pendidikan di blu Digital

Nah melalui fitur bluSaving, saya mau membuka tabungan pendidikan untuk biaya sekolah kedua anak saya. Namun pertama kali, kita harus install aplikasi blu Digital terlebih dulu.

Menabung di Aplikasi blu Digital by BCA

Selanjutnya daftar dan buat rekening di blu lewat ponsel secara online. Untuk proses pendaftarannya, saya skip saja ya, karena saya mau langsung ke tutorial membuka tabungan pendidikan online saja.

Oke, saya anggap kamu sudah punya rekening dan saldo di blu Digital.

Selanjutnya membuka tabungan baru melalui fitur bluSaving. Agar lebih jelas, kamu bisa melihat step by step di bawah ini :

1. Klik menu bluSaving

Dari beranda aplikasi, pilih menu Simpanan, lalu pilih Buka bluSaving. Suku bunga tabungan yang kita dapatkan sebesar 3%. Menariknya lagi, kita bisa membuka tabungan baru hingga maksimal 10 tabungan. Keren kan!

Membuka Tabungan Online di blu Digital

Dengan fitur bluSaving, kita bisa membuat goal sendiri untuk menabung dengan berbagai kebutuhan. Misalnya kita mau liburan ke luar negeri atau mau beliin kado untuk orang tua hingga mengumpulkan biaya pernikahan.

2. Atur goal sendiri

Selanjutnya kasih nama bluSaving. Di sini saya kasih nama Tabungan Pendidikan. Lalu tentukan setoran awal (opsional). Saya sendiri membuka tabungan pendidikan dengan setoran awal sebesar Rp 100 ribu saja.

Asyiknya Buka Tabungan Digital di blu

Langkah berikutnya, kita bisa tentuin goal. Ini hanya opsional sih. Namun saya sarankan bikin goal saja, biar lebih semangat menabungnya. Tentukan jumlah yang ingin ditabung dan target pencapaian.

3. Tabungan bluSaving sudah jadi

Setelah semua proses di atas dilakukan, selanjutnya akan ada notifikasi mengenai goal yang telah ditentukan sebelumnya. 

Fitur bluSaving untuk Menabung

Proses pembukaan rekening baru di bluSaving sudah selesai. Sekarang saya sudah punya tabungan pendidikan sendiri. Jadi tidak akan mengganggu tabungan utama di aplikasi blu Digital.

Nah itu tadi pengalaman saya membuka tabungan pendidikan online dengan mudah melalui aplikasi blu Digital. Kalau sudah punya tabungan terpisah seperti ini, pasti bikin lebih semangat lagi untuk menabung. 

Bagaimana, apakah kamu tertarik juga? Prosesnya gampang banget dan banyak benefitnya lho.

Related Posts

Posting Komentar

40 Komentar

  1. Untuk yang sudah berkeluarga terlebih lagi mempunyai anak usia sekolah memang sangat penting untuk memiliki tabungan pendidikan ini.
    Karena biaya pendidikan untuk anak memungkinkan perubahan.
    Apalagi daku takjub juga ternyata bisa ada target alias goals nya ya. Dengan begitu jadi tertata apik menabungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat penting banget Mba, apalagi kalau penghasilan pas-pasan, harus pintar mengelola keuangan. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini Mba Fenni.

      Hapus
  2. Semua jadi lebih simpel dan mudah ya. Dengan ponsel, mo ngapain aja terkait nabung juga bisa. Ini sangat hemat waktu ya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simpel banget pokoknya. Bisa bertransaksi sambil rebahan dong. Jadi lebih efisien dan praktis.

      Hapus
  3. Saya sudah punya tabungan blu by BCA Digital ini lho Mas. Tapi belum mengalokasikan untuk tabungan apa saja sih. Masih gaptek soalnya heehe
    Terimakasih ini sidah dikasih tahu caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya Mba Okti. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  4. Gampang banget dan tampilannya pun menarik, ya. Cocok nih bikin ank muda melek finansial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya mudah banget lho Mba Farida. Nggak mau cobain juga kah?

      Hapus
  5. BCA emang banyak Inovasinya, selain satpamnya yang bersahabat. Nasabah dibikin makin mudah bertransaksi dengan app ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul dong, selain layanan digital harus prima, layanan offline juga harus sama primanya, dimulai dari satpam paling depan.

      Hapus
  6. Nah iya, kemarin aku pun sudah mendaftar. Cocok banget bagi kita dalam perencanaan keuangan, tersedia pos-posnya juga. Keren emang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yang paling asyik bisa bikin pos tabungan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

      Hapus
  7. Praktis banget ya ini. Dan pengaturan keuangan juga bisa tertib dengan aplikasi ini. Tabungan bisa langsung dipilah-pilah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa menabung sesuai dengan pos yang diinginkan. semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  8. pastinya bermanfaat banget ya punya aplikasi Blu ini, memudahkan dalam transaksi apapun bagi para pengguna BCA

    BalasHapus
    Balasan
    1. One thing that you should know, blu tidak hanya khusus untuk pengguna BCA saja, tapi siapapun bisa, karena tidak perlu punya tabungan di BCA untuk bisa menabung di blu ini. Saya juga bukan nasabah BCA.

      Hapus
  9. bener banget.. kekurangannya m banking gitu.. lebih mudah beli2 hehe.. saya juga pakai blu. untuk antisipasi beli2 saya buat tabungan khusus yang ngga boleh diambil2 kecuali sekali buat transfer titipan 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mba Lita. Memang kita harus menyiapkan uang kas khusus untuk beli ini beli itu, biar tabungan utama nggak terpakai.

      Hapus
  10. wah iya, saat ini penting banget untuk membuka tabungan pendidikan ya kak
    agar masa depan pendidikan anak makin terjamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, sangat penting sekali menyiapkan tabungan pendidikan anak sejak jauh hari.

      Hapus
  11. boleh banget untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang untuk anak. Biar nanti ngga ribet lagi masalah dana pendidikan. Sudah ada dan tersedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul harus direncanakan dengan sebaik mungkin, biar kita selalu siap menghadapinya.

      Hapus
  12. Saya juga sudah daftar Blu buat anak mas, bagus banget karena bisa buat tabungan masing-masing sesuai tujuan kegunaannya

    BalasHapus
  13. Untuk mempersiapkan dana pendidikan memang seharusnya dipisah dari tabungan yang lainnya, ya. Supaya tabungan aman dan gak terpakai secara tidak sengaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly. Wajib dipisah kalau nggak mau habis uangnya.

      Hapus
  14. Nah tabungan pendidikan seperti ini yang pasti menjadi incaran para keluarga muda yang masih belajar membalance-kan pengeluaran dan pemasuka. Penting banget memisahkan kedua hal itu tabungan umum dengan pendidikan. Blu dari BCA ini layak menjadi pilihan nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo tabungannya nggak dipisah, pasti bakalan kepakai lagi uangnya. Beruntung di blu ada fitur ini.

      Hapus
  15. Ehh aku juga buka tabungan pendidikan di sini mas. Ahay! gampang banget dan jadi ngga gampang tareeek teros wkwkw :p

    BalasHapus
  16. Aku suka banget pake blusaving dan layanan QR dr bca digital ini memuaskan banget urusan keuanganku, jadi lebih cashless rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya juga sering pakai QR saat belanja di Alfamart. Praktis banget.

      Hapus
  17. Pakai bluSaving bisa atur dana pendidikan, dan alokasi dana lainnya biar pengelolaan keuangan jadi lebih baik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget Mba Mon. Urusan mengatur duit jauh lebih mudah berkat fitur dari bluSaving ini.

      Hapus
  18. Informatif banget kak, terimakasih, saya juga pengen buka tabungan pendidikan secara online dengan bluSaving ,. Layanan digital makin mudah. Biar ga keteteran dengan biaya pendidikan yang semakin meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat menabung Kak. Kalau sudah ada fitur ini, pasti lebih semangat menabungnya deh.

      Hapus
  19. Aku nawarin asistenku untuk buka blu ini Krn toh gratis, dan ga perlu datang. Jadi gaji dia kan bisa aku transfer aja .. kalo untukku, berhubung bank yg skr aku pake juga udh gratis fee transaksinya, dan bisa buka 12 rek dalam 1 nomor account, jadi aku ngerasa masih belum butuh mas.

    Makanya aku pikir ini LBH cocok buat asistenku. Kalo anak2 udah bisa buka rek sendiri, bisa juga tuh buat mereka aja ntr :D. Berhubung ini produk BCA, jadi menurutku pasti BGS lah. Kalo aku mah yg penting ga ada biaya transaksi aja, ATO biaya admin :D. Krn kebanyakan bank juga udah begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baik banget nih Kak. Iya siapa tau asistennya tertarik untuk buka tabungan pendidikan ya. Sekarang semakin banyak bank yang membebaskan biaya transaksi ya Kak. Semoga saja nantinya biaya transfer akan digratiskan, aaamiiin.

      Hapus
  20. Ternyata mudah banget ya daftar di Blu Saving. Bisa langsung dari ponsel kita. Terus goalnya bisa diatur sesuai kebutuhan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak mudah banget, prosesnya juga cepat. Pokoknya praktis banget deh. Yuk cobain deh.

      Hapus